Sabtu, 20 Maret 2010

Paragraf Deduksi dan Induksi

PARAGRAF INDUKSI

Kalimat utamanya ada di akhir paragraph

Contoh :
Alam semesta berjalan secara teratur seperti jalannya sebuah mesin. Matahari, bumi, bulan dan bintang berjalan seperti teraturnya roda mesin. Semua bergerak sesuai irama tertentu. Mesin ada penciptanya yaitu manusia. Manusia yang pandai, teliti dan senang memecahkan masalah. Akan tetapi alam serta manusia itu sendiri ada yang menciptakan, yaitu Yang Maha Segalanya. Manusia yang menciptakan mesin tentunya senang dengan ciptaannya. Tentu saja Yang Maha Pandai itupun sayang dengan semua yang diciptakan. Oleh sebab itu, manusia harus beriman kepadaNya.

Contoh :
Seorang penulis karya sastra dapat menuliskan apa saja yang dipikirkan pada suatu saat. Tulisan itu belum tentu sudah selesai. Dia tidak dapat menyelesaikan tulisan itu dengan hanya duduk satu kali di kursi. Seorang penulis akan menulis berdasarkan inspirasinya. Pada saat yang lain karena ada inspirasi baru, dia akan menuliskan sesuatu yang baru, yang juga tidak selesai. Jadi penulis karya sastra akan menulis karyanya secara bertahap berdasar inspirasinya.


PARAGRAF DEDUKSI

Kalimat utamanya ada di awal paragraph
Contoh :
Semangat serta kesungguhan hati guru dalam mengajar dirasakan makin pudar karena kesejahteraan terabaikan. Imbalan yang mereka terima rendah. Gaji mereka sering terlambat dan banyak potongan untuk keperluan yang kadang-kadang tidak jelas. Mereka juga tidak memiliki status ekonomi sosial yang bergengsi.

0 komentar: